Kelebihan KB Suntik dan Kekurangannya

Kelebihan KB Suntik dan Kekurangannya
Kelebihan KB Suntik dan Kekurangannya. KB Suntik adalah salah satu cara Mencegah Kehamilan yang saat ini banyak digunakan. Bahkan sekarang di indonesia sendiri program pemerintah pun  mengharuskan 2 anak cukup atau lebih baik. KB Suntik bekerja mengentalkan lendir rahim sehingga sulit untuk ditembus oleh sperma untuk pembuahan. Jenis Alat Kontrasepsi ini juga mencegah sel telur menempel ke dinding rahim sehingga proses kehamilan bisa dicegah.
Kelebihan KB suntik yang efektif hingga mencapai 99% menjadi daya tarik bagi pasangan yang mengikuti program kehamilan.


KB(keluarga berenca) Suntik dibagi Menjadi 2 Jenis

KB Suntik 3 Bulan
Jenis suntik ini adalah jenis Suntikan KB yang mengandung hormon Depo Medroxyprogesterone Acetate (hormon progestin) dengan volume 150 mg. Alat kontrasepsi ini diberikan setiap 3 bulan atau 12 Minggu. Suntikan pertama diberikan 7 hari pertama saat periode menstruasi Anda, atau 6 minggu setelah persalinan. Jenis Suntikan KB ini ada yang dikemas dalam cairan 1ml atau 3ml.

KB Suntik 1 Bulan
Jenis suntik 1 bulan ini adalah jenis Suntikan KB yang diberikan 1 bulan sekali. Dengan pemberian suntikan pertama sama dengan suntik 3 bulan, yaitu setelah 7 hari pertama periode menstruasi, atau 6 minggu setelah melahirkan. Alat kontrasepsi ini mengandung kombinasi hormon Medroxyprogesterone Acetate (hormon progestin) dan Estradiol Cypionate (hormon estrogen).

Kelebihan Suntik KB
Bagi anda yang baru menikah atau belum pernah mengikuti program KB, berikut kelebihan suntik KB. Dapat mencegah kehamilan hingga 99%. Dapat Memberikan kenyamanan kepada pasangan suami istri, karena dengan satu kali suntikan anda tidak perlu memikirkan kontrasepsi selama 1 sampai 3 bulan, sesuai dengan jenis Suntik KB yang anda pilih. Kehamilan bisa anda dapatkan kembali, setelah menghentikan penggunaan KB Suntik. Tidak terpengaruh "faktor lupa" dari pemakai (tidak seperti memakai PIL KB). Tidak mengganggu hubungan suami istri. Dapat dipakai segala umur pada masa reproduktif . Tidak mengganggu laktasi (menyusui), baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Dapat dipakai segera setelah masa nifas. Dapat dipakai segera setelah keguguran. Dapat mencegah terjadinya kehamilan di luar kandungan. Dapat mencegah kanker endometrium (rahim). Dapat mencegah kejadian mioma uteri (tumor jinak rahim). Mungkin dapat mencegah kanker indung telur (ovarium). Dapat Mengurangi kejadian anemi kekurangan zat besi, khusus untuk penderita epilepsi mengurangi kejadian kejang. Metode KB Suntik dapat digunakan oleh ibu menyusui, dengan catatan suntikan pertama diberikan 6 minggu setelah persalinan, Menurunkan resiko kanker rahim dan memberikan perlindungan terhadap infeksi panggul.

Kekurangan Suntik KB
Dari beberapa kelebihan Metode KB Suntik tersebut diatas, KB Suntik juga memberikan efek samping terutama pada awal pemakaian. Tidak teraturnya sikus haid berkepanjangan, atau bahkan anda tidak mengalami haid sama sekali, selama beberapa bulan pertama saat pemakaian atau berhenti melakukan KB suntik. Biasanya Beberapa ibu-ibu  yang mengikuti program KB suntik 3 bulan mengalami penambahan berat badan. Mengalami jerawat,  sakit kepala,  perubahan suasana hati, dan perut kembung, dan payudara terasa sakit. Kesuburan wanita baru pulih setelah beberapa bulan menghentikan penggunaan KB suntik. Penggunaan KB suntik 3 bulan memicu terjadinya osteoporosis. 

Demikian informasi dari kami. Bagi wanita yang baru menikah sebaiknya jangan langsung mengikuti program kb suntik ini. Dan bagi ibu-ibu harap memperhatikan efek samping nya sebelum menggunakan KB suntik. Baca juga Mengenali Gejala Demam Berdarah Pada Anak Dan Balita.


Berlangganan untuk email update gratis: