Tips Sederhana Mengobati Luka Bibir atau Lidah

Tips Sederhana Mengobati Luka Bibir atau Lidah
Tips Sederhana Mengobati Luka Dimulut Atau Lidah. Mulut dan lidah merupakan bagian organ yang sensitife. Maka dari itu kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan pada organ ini, karena jika ada masalah pada mulut atau lidah kita, biasanya akan mempengaruhi nafsu makan. Yang akhir nya malas untuk makan bahkan berbicara pun terganggu. 

Penyakit yang ada pada mulut biasanya penyakit yang di sebut stomatitis atau  Angular cheilitis. Ini merupakan rasa perih dan radang akibat luka yang ada di ujung bibir. Gejala angular cheilitis ditandai dengan rasa sakit pada ujung bibir kemudain perlahan terjadi luka merah yang sangat menyakitkan sehingga membuat anda merasa sulit untuk membuka mulut.


Mengobati Luka Bibir atau Lidah

  1. Menggunakan Madu 
    Madu memang sangat amat banyak manfaat untuk kesehatan. Madu bias menyembuhkan luka pada mulut ini karena memliki sifat antiseptif untuk menenangkan peradangan. Anda dapat mengoleskan madu pada susu bibir yang sakit. Lakukan secara rutin setiap hari agar cepat sembuh.
     
  2. Menggunakan Yogurt
    Yogur dapat mengatasi infeksi, untuk menyembuhkan luka. Oleskan yogurt pada bagian bibir yang terluka. Yogurt  bisa melembabkan bibir pula.
     
  3. Minyak Kelapa Murni Minyak kelapa atau orang desa menyebutnya minyak “keletik” ( minyak dapat  buat sendiri ). dapat membuat bibir anda lembab serta dapat menyembuhkan luka. Caranya Oleskan sedikt minyak kelapa yang murni ke sudut bibir anda yang sakit. Bila ingin hasil lebih cepat bisa di hangat kan terlebih dahulu. Hangat kuku saja. Kemudian baru anda oleskan pada area luka. Lakukan sebelum tidur secara rutin.
     
Cara Menyembuhkan Luka pada Lidah
Pernahkan anda tak sengaja menggigit lidah anda sendiri ketika makan atau berbicara? Itu salah satu yang bisa menyebabkan terjadinya luka pada lidah. Jika lidah anda mulai bermasalah segeralah di obati, karena mempunyai luka di lidah sangat mengganggu aktivitas kita. Berikut tips alami menyembuhkan luka pada bibir atau lidah :

Air garam
berkumur-kumur dengan air garam akan membantu anda menghilangkan bakteri dan juga mencegah teradinya iritasi. Walaupun pada awalnya terasa perih namun lambat laun sakitnya akan lebih reda. cobalah praktekan

Kompres dengan es batu
Ini di lakukan Jika lidah berdarah. Maka sebaiknya anda mengompresnya dengan menggunakan es batu. Es batu mungkin akan membuat anda ngilu tetapi bisa sangat membantu mengurangi rasa sakit dan cepat dalam menghentikan pendarahan.

Jangan makan pedas
Anda yang terbiasa makan makanan yang pedas, sebaiknya jika mempunyai luka pada lidah di hindari dahulu sampai lukanya mereda. Tentunya jika anda mengonsumsi makanan pedas maka luka anda akan terasa panas dan bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada lidah anda. Maka hindarilah makanan pedas sementara waktu.


Demikianlah tips sederhana untuk menghilangkan luka pada bibir atau lidah. Ada banyak cara alami untuk mengobati luka-luka yang anda alami. Ingat perawatan dengan bahan alami in tidak mengandung zat kimia. Namun, jika luka anda masih saja belum sembuh segera lah konsultasi pada dokter, selamat mencoba semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Daun Sirih Hijau.         

Berlangganan untuk email update gratis: