Manfaat Petai Dan Jengkol Dan Efek Sampingnya

Manfaat Petai Dan Jengkol Dan Efek Sampingnya
Manfaat Petai Dan Jengkol Dan Efek Sampingnya. Di indonesia makanan yang terkenal paling nikmat untuk di makan adalah jengkol dan petai. Namun tak senikmat setelah memakannya, mengapa?? Karena aromanya yang cukup lama melekat pada mulut bahkan hingga proses pencernaan dan saat kita ekskresi sekalipu aroma nya masih tercium. Namun jika begitu, tetap saja makanan ini menjadi makanan rakyat, dari mulai orang desa sampai pejabat sekalipun tertarik untuk mengkonsumsinya terlebih bila makanan ini di semur.

Siapa yang tak tergoda dengan semur jengkol? Ayam sekalipun bisa di lewatkan jika makanan ini sedang musim, sampai-sampai harganya menjelit mahal melebihi ayam. Begitupu dengan petai, bahkan ada seseorang yang memfavoritkan petai, sampai-sampai setiap ia makan harus selalu mengkonsumsinya sebagai lalapan makan. Tak heran, memang sesungguhnya makanan ini benar-benar nikmat.


Manfaat Petai dan Jengkol dan Efek Sampingnya

Tumbuhan petai sendiri memilki kandungan zat yang tersimpan dan nutrisi seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan bersama dengan kandungan serat alami. Kandungan nutrisi tersebut merupakan kandungan gula alami yang dapat menghasilkan energy yang cukup besar bagi konsumennya. Selain itu, kandungan lain di dalam petai seperti karbohidrat, fosfor, kalium, vitamin a, zat besi dan mineralnya ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan seperti apel. Maka dari itu, walaupun memiliki bau yang tak sedap tetapi petai juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan.

Sedangkan pada jengkol sendiri penyebab bau pada jengkol itu sebenarnya adalah asam-asam amino yang terkandung di dalam biji jengkol. Asam amino itu didominasi oleh asam amino yang mengandung unsur sulfur (ketika terdegradasi atau terpecah-pecah menjadi komponen yang lebih kecil, asam amino itu akan menghasilkan berbagai komponen flavor yang sangat bau, karena pengaruh sulfur tersebut. Salah satu gas yang terbentuk dengan unsur itu adalah gas h2s yang terkenal sangat bau.

Lalu apa sebenarnya manfaat jengkol untuk kesehatan manusia , berikut informasinya :
Manfaat Mengkonsumsi Jengkol
1. Dapat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar.
2. Dapat mencegah diabetes atau kencing manis
3. Dapat mencegah resiko terkena penyakit jantung koroner
4. Dapat Membuang racun-racun berbahaya di dalam tubuh
5. Untuk pertumbuhan, perkembangan, dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak.
Protein yang terkandung dalam jengkol adalah 23,3 g per 100 g bahan. Kadar proteinnya jauh melebihi tempe yang selama ini dikenal sebagai sumber protein nabati, yaitu hanya 18,3 g per 100 g. Protein tersebut yang berfungsi mengganti sel-sel yang rusak.
6. Untuk pembentukan tulang dan gigi, serta untuk penyimpanan dan pengeluaran energi. Karena kandungan fosfor pada jengkol (166,7 mg/100 g). Ini bisa di nyatakan bahwa jengkol banyak kegunaannya bagi kesehatan manusia.

Efek Samping Mengkonsumsi Jengkol
Jika anda mengkonsumsi jengkol berlebihan, efek samping yang anda rasakan diantaranya yaitu :
1. Dapat menyebabkan susah buang air kecil dan biasanya disertai rasa nyeri. Untuk itu cara mengatasinya dengan minum air putih yang banyak.
2. Menyebabkan bau mulut, karena bau khasnya yang dapat menyebabkan bau mulut dan bau pada saat buang air kecil.

Lalu bagaimana jika mengkonsumsi petai, apakah memiliki manfaat yang sama dengan jengkol?
Manfaat Mengkonsumsi Petai
1. Dapat membantu menurunkan asam lambung dan mengatasi iritasi dengan cara melapisi dalam lambung.
2. Dapat mencegah dan mengatasi stress.
3. Dapat mencegah anemia.
4. Dapat mencegah sembelit.
5. Dapat mencegah gigitan nyamuk dan mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga dengan cara menggosokan kulit petai pada kulit.
6. Dapat Melancarkan buang air besar.

Efek Samping Mengkonsumsi Petai
1. Dapat mengganggu kesehatan ginjal, karena Kandungan asam amino yang terkandung dalam petai sangat tinggi, maka tidak dianjurkan bagi penderita penyakit ginjal untuk mengkonsumsi petai apalagi berlebihan.
2. Meningkatnya asam urat dan reumatik.
3. Mengakibatkan pusing atau sakit kepala.
4. Menyebabkan bau mulut.

Seperti itulah informasi dari kami mengenai manfaat petai dan jengkol dan efek samping nya. Semoga setelah ini anda bisa memperkirakan seberapa banyaknya untuk mengkonsumsi jengkol dan petai agar tetap menjadi kesehatan untuk anda, bukan malah menjadi masalah untuk kesehatan anda. Makan lah secukupnya jika anda ingin menjadikan jengkol dan petai sebagai manfaat kesehatan anda. Terima kasih, baca juga Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami dan Mudah.

Berlangganan untuk email update gratis: