Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah Dan Cara Membuatnya

Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah Dan Cara Membuatnya
Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah Dan Cara Membuatnya. Anda termasuk konsumen favorite kopi?? Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk . Kopi merupakan salah satu komiditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu kopi robusta (coffea canephora) dan kopi arabika (coffea arabica). Sekedar pengetahuan bahwasanya sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh bangsa etiopia di benua afrika sekitar (1000 ms) tahun yang lalu.

Kini semakin berkembangnya pengetahuan, kopi tidak hanya bisa untuk di minum sebagai penghilang kejenuhan atau rasa kantuk saja, tetapi mampu untuk merawat kulit cantik anda. Sebelum kami menyampaikan cara membuat masker kopi, berikut kandungan yang terdapat dalam biji kopi.


Kandungan Biji Kopi

Kafein 
kafein (1,3,7- trimetilsantin) merupakan zat perangsang syaraf yang sangat penting dalam bidang farmasi dan kedokteran sedangkan kafeol merupakan salah satu zat pembentuk cita rasa dan aroma.

Trigonelin
trigonelin terdapat pada biji kopi arabika 1,6%-1,3%, sedangkan kopi robusta 0,3 %-0,9%. Kadar trigonelin tidak berhubungan langsung dengan mutu seduhan kopi.

Karbohidrat
Karbohidrat pada biji kopi sebagai komponen larut air atau tidak larut, antara lain arabinosa, fruktosa, mannose, galaktosa, dan glukosa.

Asam Alitifatik (asam karboksilat) 
Asam karboksilat pada biji kopi antara lain asam formiat, asam asetat, asam oksalat, asam suksinat, asam sitrat, asam piruvat, asam laktat, asam malat dan asam kuinat. 

Protein asam Amino
Asarn amino pada biji kopi terdapat secara bebas atau terikat sebagai protein. Jenis asam amino pada kopi antara lain alanin, arginin, asam asparat, asam glutamat, glisin, histridin, 3-metilhistridin, isoleusin, g-asam aminobutirat, lisin, metionin, penilalanin, serin, tirosin, valin dan triptopan. 

Asam Khologenat 
Asam khologenat pada kopi adalah turunan dari asam 5-kofeoilkuinat dengan asam sinamat, asam o-hidroksinamat, p-hidroksinamat, asam kafetat, asam ferulat, asam isoferulat dan asam sinapat. 

Glikosida 
beberapa jenis glikosida nonterpenoid pada biji arabika lebih rendah kadarnya dibandingkan dengan kopi robusta.

Mineral 
beberapa mineral penting pada biji kopi adalah potassium oksida, fospor oksida, kalsium oksida. Mangan oksida, natrium oksida dan oksida-oksidsa yang lain. 

Manfaat Masker Kopi
a. Dapat mengurangi kerutan di kulit.
b. Dapat melembutkan kulit.
c. Dapat mencegah tumbuhnya jerawat.
d. Dapat melembabkan kulit.
e. Dapat membantu mengangkat sel kulit mati.
f. Dapat menghilangkan bau badan.
g. Dapat menetralkan kulit yang teriritasi.
h. Dapat memberikan nutrisi pada kulit


Cara Membuat Masker Kopi

1. Untuk wajah tampak cerah
Campurkan bubuk kopi dengan putih telur. Ini digunakan untuk masker yang mempunyai manfaat sebagai pengelupasan sel-sel kulit mati. Aduk hingga menjadi masker, bila peru tambahkan air sedikit agar dapat teraduk rata. Oleskan pada wajah anda, lakukan sambil di pijat secara perlahan-lahan. Diamkan kurang lebih selama 30 menit. Saat membersihkan masker, perlahan-lahan pijat ringan ke kulit kita dan ini akan berfungsi sebagai exfoliator. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Sebagai sabun ( scrub)
Ambil beberapa sendok bubuk kopi, lalu dicampur dengan pembersih kulit. Kopi berperan sebagai scrub dan pembersih wajah sebagai pengangakat kotoran. Gunakan sebagai scrub sebelum mandi. Hal ini digunakan untuk mengangkat sel kulit mati.

3. Langkah selanjutnya bisa dengan mencampurkannya dengan minyak zaitun. Campuran ini bermanfaat untuk melembabkan wajah dan mampu mengurangi jerawat pada wajah. Pakai campuran minyak zaitun dan bubuk kopi pada wajah 15-20 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Demikian artikel kami tentang bagaimana cara membuat masker kopi serta manfaat masker kopi untuk kesehatan kulit wajah. Anda bisa dengan mudah mencobanya sendiri, semoga dengan ini bisa membantu anda. Baca juga Cara Menghilangkan Bulu Kaki Secara Alami Dan Permanen.

Berlangganan untuk email update gratis: