Kanker Yang Paling Tenar Di Kalangan Wanita

Kanker Yang Paling Tenar Di Kalangan Wanita
Kanker Yang Paling Tenar Di Kalangan Wanita. Sebagai wanita kita perlu mewaspadai berbagai macam kanker yang mengintai kita. Karena penyakit kanker bisa terjadi hanya karena masalah kecil atau spele yang di rutin kan tanpa kita sadari. Insiden kanker yang menyerang alat reproduksi wanita ditengarai semakin meningkat jumlahnya dalam sepuluh tahun terakhir. Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu jika anda sebagai wanita merasa ada hal yang berbeda dari biasanya segera lah periksa sedini mungkin ke dokter. Di khawatirka ada kelainan penyakit yang bisa menjadi besar nanti nya.

Beberapa Macam Kanker Pada Wanita

Kanker Payudara
Kanker payudara adalah tumor ganas yang menyerang jaringan payudara. Merupakan kanker yang banyak menyerang wanita di indonesia khsusnya setelah kanker serviks. Gejala yang sering terjadi adalah adanya benjolan yang kadang menimbulkan rasa sakit, atau biasanya puting susu mengeluarkan cairan atau darah, dan ada bagian payudara yang mengelupas atau keras dan berkerut mirip kulit jeruk. Pemeriksaan secara dini dapat di lakukan secara minimal setiap bulan dengan pemeriksaan sendri. Pemeriksaan payudara juga dapat di lakukan dengan cara biopsy. CT scan, inframerah, mammografi, dan ultrasonografi. Banyak megkonsumsi buah dan sayuran, olah raga teratur, mengenal faktor pemcunya dan juga rajin memeriksa sendiri atau melakukan tes mammografi secara teratur dapat membantu mengurangi resiko terjadi kanker payudara lebih parah. 
Beberpa faktor pemicu yang memungkinkan timbulnya kanker payudara antara lain :
Sering mengkonsumsi makanan berlemak dan berprotein tinggi serta rendah serat.
Sering menggunakan pil kontrasepsi pada usia muda.
Mendapat menstruasi pertama pada usia di bawah 10 tahun.
Tidak pernah melahirkan dan menyusui kanker .
Faktor keturunan keluarga.
Sering menggunakan hormone penambah gairah seksual. 
Pernah melakukan radiasi pada daerah payudara dan banyak terkena kontaminsi senya kimia.

Kanker Ovarium
Kanker ovarium adalah organ reproduksi wanita, dimana sel telur berkembang selain kanker leher rahim dan kanker ovarium juga adalah kanker yang menyerang organ reproduki wanita. Di sebut juga dengan kanker indung telur. Penggunaan alat kontrasepsi di tandai sebagai salah satu faktor yang memnicu timbulnya kanker.
Gejalanya biasanya ditandai dengan perut terasa penuh dan sering kembung atau muntah, perut membsear , nafsu makan hilang dan sering merasa kenyang, merasa kelelahan dan pusing terjadi pendarahan dan daya tahan tubuh menurun. Faktor pemicu nya dalah kehamilan di usia lanjut, siklus menstruasi seringkali lebih awal, masa menopause datang terlambat, tidak pernah melahirkan, memiliki riwayat kanker payudara, faktor keturunan, dan endometriosis.

Kanker Serviks
Kanker serviks adalah kanker yang menyerang bagian liang senggama yang dikenal dengan nama leher atau mulut rahim. Kanker ini adalah kanker yang paling banyak membunuh wanita. Gejalanya yaitu, keputihan dan pada stadium lanjut berwarna kuning dengan bau menyengat, nyeri di bagian bawah perut dan mengeluarkan darah pada waktu  berhubungan seksual susah buang air kecil mengalami pendarahan, dan timbul rasa gatal di bagian dalam vagina.
Untuk mengantisipasinya dapat dilakukan dengan pemeriksaan pap smear secara berkala untuk mendeteksi adanya sel kanker sejak dini, atau melakukan vaksinasi anti kanker serviks. Vaksinasi hpv tersedia untuk wanita usia 9-26 tahun. Meskipun sudah pernah menerima vaksinasi namun pap smear tetap dianjurkan untuk dilakukan secara regular setelah minimal 3 tahun melkaukan hubungan seksual.
Adapun yang seresiko tinggi terkena kanker ini adalah jika pernah mengalami infeksi di daerah vagina dalam waktu lama, melakukn hubngan seksual di bawah umur 18 tahun. Wanita pekerja sekual, pernah menderita penyakit yang di sebabkan  oleh virus human papillomavirus (hpv) dan wanita perokok.

Kanker Endometrial
Endometrium adalah selaput lendir atau jaringan rahim yang melapisi dinding rahim. Sedangkan kanker endometrium adalah selaput lendir atau jarinagn yang tumbuh di luar rahim. Gejala terasa sakit ketika menstruasi, diare atau susah buang air besar atau sakit punggung, pendarahan pada rahim, terasa ketika buang air kecil dan mengeluarkan darah. Sakit ketika berhubungan badan. Haid berlangsung lama. Keputihan yang bercampur nanah dan darah. Adanya benjolan pada daerah pinggul dan berat badan turun. Makan makanan rendah lemak, banyak makan buah dan sayuran serta banyak mengkonsumsi produk dari kedelai dapat mengurangi resiko terkena kanker ini.
Penyebab utama kanker endrometrium masih belum diketahui dengan jeas, namun stelah maelaui beberapa peneltitian, ada beberapa hal yang diduga sebagai pemicu kanker endrometrium. Yaitu : Obesitas, sindroma ovarium polikistik, penggunaan estrogen dosis tinggi dengan jangka waktu yang lama. Mengalami menstruasi pada usia yang masih sangat muda, menopause lambat, riwayat infertilits, menstruasi yang tidak teratur.
Ketika sel-sel mulai tumbuh bertambah banyak maka terbentuklah benjolan yang disebut tumor. Dan inilah yang bisa menyebabkan knker. Kanker ini pada umunya anyak diaami oleh wanita yang sudah menopause atau usia rata-rata 60 tahun. 70% kasus terjadi pada wanita usia antara 45-74 tahun.

Kanker Vulva
Kanker vulva adalah kanker ganas di dalam vulva. Vulva adalah bagian luar sistem reproduksi wanita yang meliputi labia lubang vagina. Lubang vagina, lubang uretra, dan lkirotis. Biasanya gejalanya berupa benjolan dan penebalan kulit dibagian vulva dan terkadang disertai gatal-gatal. Luka terbuka pada lubang vagina maupun disekitarnya yang menyebabkan pendarahan dan keluar cairan encer, seperti kanker pada bagian alat reproduksi wanita di atas. Hampir 3-4% kanker pada sistem reproduksi wanita yang merupakan kanker vulva dan biasanya terjadi setelah menopause.

Itulah informasi berbagai macam kanker yang sering terjadi dikalangan wanita. Maka sebaiknya bagi anda wanita jaga sebaik mungkin apa yang anda milki, rawatlah dengan rajin dan jangan menyepelekan hal kecil. Jika terjadi sesuatu yang meragukan, segera periksa sedini mungkin ke dokter.  Semoga bermanfaat dan terima kasih. Baca juga Hati-Hati 5 Penyakit Kesehatan Perusak Ingatan.

Berlangganan untuk email update gratis: