Efek Samping KB Suntik 1 Bulan dan 3 Bulan

Efek Samping KB Suntik 1 Bulan dan 3 Bulan
Efek Samping KB Suntik 1 Bulan dan 3 Bulan. Bagi anda yang pemula mengikuti program KB, biasanya ada efek samping tersendiri. Efek samping KB Suntik memang sering dialami pada awal-awal penggunaan, namun gejala ini biasanya akan hilang dalam beberapa bulan atau beberapa kali siklus menstruasi. 

Adapun Jenis Suntik KB yang sering digunakan adalah KB Suntik Kombinasi dan KB Suntik Progesteron. Yang mempunyai efek yang berbeda.
- KB suntik kombinasi adalah jenis suntikan Kombinasi yang terdiri dari 25 mg Depo Medroksiprogesteron asetat dan 5 mg Estradiol Sipionat, 50 mg Noretindron Enantat dan 5 mg Estradiol Valerat yang diberikan injeksi I M satu bulan sekali. 
- Sedangkan KB Suntik Progesteron tersedia dua jenis suntikan, yang pertama adalah Depo Medroksiprogesteron Asetat (Depoprovera). Suntikan ini mengandung 150 mg DMPA, dan diberikan setiap 3 bulan sekali. Jenis yang kedua adalah Depo Noretisteron Enantat (Depo Noristerat), adalah suntikan yang mengandung 200 mg Noretindron Enantat, dan di berikan setiap 2 bulan sekali.


Efek Samping KB Suntik

Amenorhea
Adalah gejala darah haid tidak berkumpul di dalam rahim. Apabila tidak terjadi kehamilan maka Efek samping ini tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun apabila siklus menstruasi masih bermasalah dan apalagi terjadi kehamilan maka KB Suntik harus dihentikan, dan sebenarnya suntikan hormon progestin dan estrogen mempunyai pengaruh yang sedikit pada janin.

Mual/Muntah 
Adalah gejala yang sering dialami wanita yang menggunakan suntik KB, yang akan hilang tanpa pengobatan apapun dalam beberapa hari kedepan.

Perdarahan 
Bercak(spotting), adalah hal yang juga sering terjadi pada pengguna KB Suntik. Namun apabila pendarahan terjadi terus menerus maka anda perlu memilik jenis alat kontrasepsi lain.

Berat Badan 
Naik atau menurunnya berat pun menjadi efek samping penggunaan suntik KB. Apabila perubahannya 1-2 kg merupakan hal yang wajar terjadi. Namun apabila perubahan Berat Badan terlalu banyak, maka Suntikan sebaiknya dihentikan dan menggantinya dengan alat kontrasepsi lain.

Pusing dan Sakit Kepala 
Biasanya jika anda baru pertama kali menggunakan Suntik KB, akan dilakukan dengan mengkonsumsi anti prostaglandin yang bertujuan untuk mengurangi pusing, dan acetosal 500 mg 3 x 1 tablet per hari.

Hematoma 
Adalah gejala kulit membiru yang bisa diatasi dengan mengompres dengan air dingin selama 2 hari. Setelah itu lakukan kompres dengan air hangat sehingga warna biru/kuning pada kulit menjadi hilang.

Keputihan 
Keputihan yang timbul setelah dilakukan suntik KB bisa diatasi dengan menggunakan anti cholinergic seperti extrabelladona 10 mg 2 x 1 tablet, untuk mengurangi cairan keputihan yang berlebihan. Perubahan warna dan bau pada gejala keputihan disebabkan karena adanya infeksi. Sebaiknya anda jika ingin melakukan suntik KB yang 1 atau 3 bulan ada baiknya jika dilakukan tidak saat anda baru menikah. Setidak nya sudah memiliki 1 anak.

Demikian penjelasan kami tentang efek samping KB suntik 1 bulan dan KB suntik 3 bulan, semoga bisa membantu anda yang sedang ingin melakukan program KB. Sekian dan terima kasih, baca juga Penyakit Ini Bikin Pria Langsung Flu Setelah Orgasme.

Berlangganan untuk email update gratis: