5 Fungsi Air Mata Manusia

5 Fungsi Air Mata Manusia
5 Fungsi Air Mata Manusia. Kali ini pembahasan kita mengenai manfaat air mata. Setiap orang pasti pernah mengeluarkan air mata, anda pun pasti pernah bukan? Air Mata yang keluar mungkin karena menangis atau kemasukan benda asing di mata, intinya air mata tersebut memiliki manfaat untuk kita. 

Tahukah anda? Air mata merupakan cairan bening yang tidak berwarna atau transparan ini sesungguhnya berasal dari cairan darah. Ketika airmata akan keluar, dapat dirasakan darah mengalir naik ke kepala. Darah itulah yang menjadi asal dari air mata. Rasa, jumlah, dan komposisi yang terdapat di dalam air mata pun berbeda-beda, ketika anda merasa sedih atau gembira.

Anda penasaran apa fungsi air mata?  Jika anda sudah mengetahuinya maka anda pasti tidak akan ragu-ragu untuk mengangis mengeluarkan air mata. Berikut fungsi air mata:


Fungsi Air Mata

  1. Fungsi airmata yang pertama bisa  mengangkut asam dan zat gizi ke mata. Tidak terdapat kelenjar darah Pada kornea sehingga bagian ini tidak dapat mendapat zat yang di perlukan. Jadi air mata bekerja untuk mengatasi hal tersebut.
       
  2. Fungsi air mata selanjutnya yaitu mencegah masuknya berbagai macam bakteri atau virus yang terkandung pada benda asing atau kotoran ke dalam mata. Mata juga mengandung  polusi yang jumahnya sangat banyak, lebih dari yang anda ketahui. Bisa anda membayangkan, bagaimana jika tidak ada air mata yang keluar, kotoran tersebut bisa langsung masuk ke dalam mata. Akhirnya lama kelamaan dapat menimbulkan infeksi pada mata.
      
  3. Membantu penglihatan.  Jangan salah, ternyata air mata juga dapat membantu pengihatan manusia. Jadi Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata anda yang fungsi nya dapat menjaga kecerahan pandangan mata.
       
  4. Mengeluarkan Racun. Menurut  William Frey Seorang ahli biokimia. Beliau telah melakukan beberapa kasus studi mengenai ar mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Keluarnya air mata inilah yang  berarti ia mengeluarkan racun dari dalam tubuh lewat mata.
       
  5. Fungsi air mata berikutnya dapat Meningkatkan mood atau rasa nyaman. Ternyata seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis. Karena merasa lega telah mengeluarkan ungkapan di hati, akhirnya dapat mengembaikan mood seseorang tersebut. 

Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata. Jadi,  jika anda ingin menangis, menangis saja tak usah di ragu untuk mengeluarkannya.

Itulah 5 fungsi air mata manusia. Ingat!  Jika anda sedang sedih atau terlalu bahagia tak usah ragu untuk mengeluarkan air mata. Keluarkan saja, karena jika kita kekurangan air mata, malah akan menjadi tidak baik untuk kesehatan mata.

Berlangganan untuk email update gratis: